Jumat, 19 Februari 2010

Road to Rotterdam #1


Hari itu rekans kantor sibuk membicarakan sepucuk surat dari Pusbindiklatren Bappenas tentang peluang beasiswa bagi PNS untuk melanjutkan studi pasca sarjana (S2). Dalam surat itu dikatakan bahwa bagi PNS yang telah memenuhi syarat, dapat mengikuti seleksi beasiswa S2 berbagai jurusan di beberapa universitas ternama di tanah air, bahkan luar negeri.
Wow, diam2 aku menghayal, bisa gak aku dapat beasiswa tersebut...tapi aku menepis mimpi itu, karena menganggap kemampuanku belum nyampe, lagian pesertanya bakal rame, pinter2 lagi...tapi aku berniat, setidaknya untuk ikut tes aja apa salahnya, hitung2 belajar ikut tes, siapa tau setelah mencoba 10-20 kali nanti bisa lolos...hehehehe.. lagian menurut info dari seorang senior, dia udah ikut tes 13 kali, nah tes yang ke 14 baru berhasil!! Pengalaman dari 13 tes sebelumnya dia jadikan modal berharga, dan akhirnya doi berhasil berangkat ke aussie.......
Bay de wey..ngapain aku mo kuliah lagi...ngapaian para PNS mo kuliah lagi?????mungkin sedikit aku jelasin alasan umum kenapa para PNS pengen kuliah....
Kuliah dan meraih gelar kesarjanaan menjadi salah satu sarana terbaik bagi seorang PNS untuk meningkatkan karir dan prestise. Cara ini dapat juga dibilang shortcut untuk mendekatkan diri pada jabatan. Dengan gelar sarjana, seorang PNS bakal duduk dalam struktur kepangkatan dan kepegawaian yang lebih tinggi. Dengan pangkat yang relatif lebih tinggi dibanding tamatan SMA ke bawah, serta dengan gelar sarjana yang dianggap sebagai intelektual dan berwawasan luas, seorang PNS yang sarjana punya kesempatan lebih besar untuk memperoleh jabatan struktural. Padahal pada kenyataannya, banyak juga birokrat bertitel yang kemampuan, wawasan serta cara berfikirnya lebih rendah daripada birokrat yang gak bertitel, bahkan dibanding tenaga honorer!!!


Pendeknya, dengan meraih gelar sarjana (baik s1, s2 ato bahkan s3) karir dan prestise seorang PNS diyakini bakal melesat cepat. Itulah sebabnya kenapa sekarang para PNS berlomba-lomba kuliah lagi. Bukan Cuma yang muda-muda, yang tua-tua juga ikutan, bahkan yang tinggal menghitung hari buat pensiun  hik..hik..hik.
Dampak dari fenomena ini adalah, tumbuh suburnya  kampus2 gak jelas, ato kampus yang jelas dan punya nama tapi menawarkan program pendidikan instan bagi para birokrat. Gak perlu repot mikir dan berlama2 kuliah, anda bisa memperoleh gelar kersarajanaan sesuai dengan yang diinginkan. Padahal sejatinya para PNS didorong untuk melanjutkan kuliah adalah untuk menambah wawasan, kemampuan dan keterampilan yang nantinya dapat diaplikasikan dalam dunia kerja. Dan yang paling penting adalah menciptakan para birokrat dengan pemikiran yang lebih baik, inovatif, berani, bertanggungjawab, rasional, dan berpikiran kedepan. Dengan pendidikan instan seperti yang terjadi saat ini, gak heran kalo ada beberapa birokrat yang chasing-nya emas tapi isinya besi berkarat...menyedihkan!!!
Ha..ha..ha...koq malah curhat gak jelas ya???!!! Gak apa2, wong blog sendiri, tulis uneq2 sendiri, kalo gak suka balas nulis di blog sendiri aja hehehehehe...
Buat aku pribadi selain untuk meningkatkan karir, melanjutkan kuliah juga menjadi sarana untuk melepas kepenatan kerja sekaligus liburan gratis, liat2 daerah lain, masyarakat dan kebudayaan lain, mudah2an itu semua bisa menambah wawasan dan pandangan aku. Aku pernah baca sebuah kalimat...”kamu adalah apa yang kamu lihat dan pelajari”...kalo yang dilihat dan dipelajari Cuma itu2 aja, gak bakal berubah dong,,jadinya kayak katak dalam tempurung!!!
Balik ke masalah tes, setelah bincang sana sini, akhirnya aku dan beberapa rekans memutuskan untuk ikut daftar tes, lumayan ada 13 orang, kalo gak lulus, gak keliatan bodohnya hihihihi..
Hari berganti minggu dan bulan, tibalah saatnya pelaksanaan tes. Tempatnya lumayan jauh, di provinsi tetangga, tepatnya UNSRI Palembang. Beberapa rekans sudah mengorganisir keberangkatan; mulai dari jadwal, kendaraan dan tempat menginap. Beberapa juga sudah ngutak-ngatik contoh soal untuk persiapan (dari yang serius mempelajari, sampe yang Cuma pengen ngopy soalnya doang).
Kalo gak salah waktu itu Bulan Februari, saat kegiatan/proyek udah berakhir, jadi tambahan rejeki juga seret banget. Yang kuingat saat itu aku sangat bokek, sementara bantuan biaya dari kantor untuk mengikuti tes gak ada. Pusiing waktu itu, bahkan aku sempat berfikir untuk gak ikut tes, mungkin lagi gak jodoh pikirku. Istri tercintah juga nyaranin...” kalo emang gak punya duit gak usah dipaksain bang, mending duit yang tersisa buat beli susu zaza dan belanja seminggu aja”..aku hanya bersungut-sungut walopun bukan sejenis lele..hehehe..walhasil pagi itu H-1, aku putuskan batal berangkat, walopun dengan sedikit gundah gulana...
Kira-kira pukul 10 pagi, seorang rekans yang juga mo ikut tes, sebut aja inisialnya AS, nelpon ngajak berangkat bareng. Aku bilang terus terang sama dosqi kalo aku bokek dan gak ada modal, bahkan untuk ongkos tiket sekalipun. Doi bilang gini...”pokoknya semua biaya biar om yang tanggung, ente miluk aja...”. Wuih gak terkira girangnya hati saat itu..hip hip hurray!!! Aku ngomong sama istri, disetujui, dan berkemas..UNSRI...come to papa..batinku saat itu....
Jadilah aku dan AS berangkat bareng. Awalnya kami berencana mo naik bus malam yang memang banyak melintas di kotaku menuju kota lahat, trus nantinya nyambung lagi pake bus ato kereta api menuju palembang. Setelah menunggu dari siang sampe sore, koq gak ada ya bus malam yang mo ke lahat???, usut punya usut ternyata ada longsor di lahat, semua bus yang ke arah jawa, gak lewat lahat, tapi mesti muter lewat kota jambi...aseeem, pantesan!!! Setelah berunding, kami putuskan untuk “estafet” bangko-sarolangun-singkut-lubuk linggau-palembang, karena kalo maksa lewat jambi, kami hitung2 gak bakal cukup waktu, selain itu juga gak pasti bakal ada angkutan dari jambi ke palembang, karena udah terlalu malam. So..estafetpun dimulai. Sekitar Jam 16.00 dari bangko kami naik angkot menuju sarolangun, rasanya lamaaaa banget, soalnya ntu angkot juga naik turunin penumpang dijalan. Sesampainya di Sarolangun kami berencana mo nyari angkot lagi untuk ke singkut, gak taunya si sopir bilang kalo mereka juga mo pulang ke singkut, Alhamdulillah, gak repot nyari angkot dan bisa hemat waktu...cabuuuut. Sesampai singkut udah maghrib, langsung dapat angkot menuju lubuk linggau dan jam 20.00 kami nyampe. Hhhhhh, udah setengah perjalanan, ngaso dulu dirumah keluarga AS, karena kereta menuju palembang bakal berangkat jam 21.00 katanya.
Teng jam 21.00 kurang seperempat, kami menuju stasiun lubuk linggau, beli tiket dan menunggu...21.10...21.15...21.20...koq kereta belum berangkat juga???  Aku tanya ke petugas...”bang, jam berapa sih berangkatnya?? Si petugas bilang...”biasanya..kereta terlambat..satu jam mungkin biasa....bang iwan mode on:.... menunggu dan menunggu ampe ketiduran di peron, gak tau udah jam berapa akhirnya jadi juga berangkat tuh kereta gila...prediksinya jam 5 subuh udah nyampe palembang. Walopun keretanya sumpek dan rada kumuh, aku tetap bisa tertidur nyeyak. Mungkin karena perjalanan yang begitu panjang, melelahkan dan menyebalkan..wkwkwkw..Aku berharap pas bangun nanti udah nyampe palembang, jadi udah lumayan segar dan siap tempur untuk tes besok....But i was wrong..sangat2 wrong..karena aku lupa kalo kami naik kereta kelas ekonomi!
Emang ada apa denga kereta kelas ekonomi??? Yah, kereta kelas ekonomi di negara ini dianggap sebagai kelas kere ato kelas kambing..pelayanan gak bagus, waktu gak jadi perhitungan..yang penting nyampe ditujuan..entah besok ato kapan-kapan, yang penting nyampe..(karena kastanya lebih rendah, kereta kelas ekonomi mesti ngalah untuk berhenti dan ngetem kalo ada kereta kasta yang lebih tinggi mo lewat...gak Cuma manusia aja yang feodal, kereta juga feodal abis!!!)......masalah keamanan dan keselamatan?? Anda harus waspada dan tetap siaga, karena pencopet, tukang palak ato penodong selalu mengintai, walopun isi dompet anda Cuma kertas catatan utang dan tas anda berisi buku2 lusuh...Dan terakhir, tetaplah berdoa dan siaga, kecelakaan selalu menunggu kesempatannya, karena kereta kelas ekonomi ini sudah menyerupai rongsokan besi tua yang bergerak tertatih-tatih..gak heran kalo ada baut atau murnya yang udah pada lepas dan menimbulkan suara berdecit-decit bagai senandung malam pertama....

Karena kami naik kereta kelas ekonomi, beberapa kali kami harus sabar menanti, ngetem nungguin kereta bisnis ato eksekutif mo lewat dulu..lalu pada kali berikutnya, kereta berhenti lebih lama dari sebelumnya. Aku pikir masih ada kereta ningrat mo lewat, gak taunya...relnya kandas!!! Alamak jang..untung aja gak terbalik gerbong-gerbong keretanya..bisa anumerta juga pulangnya....semprul juga nih pengelola batinku..masa nyawa penumpang jadi mainan doang!!!! ..setelah beberapa jam, akhirnya kerusakan berhasil diatasi dan kami berangkat lagi dengan gak tenang..tapi aku sempat tertidur lagi....hehehehe....kira2 jam 6 pagi aku terbangun, dan ternyata, aku masih di atas kereta yang masih berjalan pelan, saking pelannya, melalui kaca kereta aku bahkan bisa liat mimik wajah seseorang yang tersembul dari balik wc darurat tepi sungai sedang menikmati hajatan paginya......Aku lihat AS sedang membolak-balik buku dan bikin coretan2...katanya sih belajar...aku gak mikirin belajar lagi, nyampe dan bisa ikut tes aja udah untung kataku waktu itu. Aku tanyain, berapa lama lagi nyampe, dengan santai doi bilang ...bentar lagi..sante coy..kita sesuai jadwal... dengan wajah masih serius liat buku dia seakan gak menghiraukan aku (belakangan dari pengakuannya aku baru tahu kalo waktu itu dia juga udah cemas bin takut telat nyampe lokasi tes...)..
Jam 7 pagi masih belum nyampe stasiun, temens lain yang udah nungguin nelpan-nelpon nanyain posisi kami dan bilang bahwa tes dimulai jam 8 pagi...Jam 7.30 kami masih di atas kereta yang menyedihkan itu, tanpa tanda2 nyampe, dan temens udah sewot karena mereka udah pada nongkrong di bangku2 yang sudah disediakan, sementara kami masih blom keliatan batangnya...Jam 7.45 AS nelpon sodaranya untuk njemput di stasiun...Jam 8 lewat dikit, kami nyampe stasiun...alhamdulillah batinku....sambil berjalan menuju gerbang stasiun, aku sempatkan gosok gigi dan cuci muka dengan sebotol air mineral....karena aku yakin, gak ada waktu lagi buat mandi....Temens yang udah di UNSRI nelpon dan marah2, karena kami udah telat dan hampir dicoret sebagai peserta, setelah seorang sohib nego dan jelasin situasi dan kondisi kami sama petugas dari Pusbindiklatren, akhirnya kami dikasih kelonggaran dan ditungguin, karena kami berjanji bakal tiba 15 menit lagi...gak lama kan??? Hehehe...Untung aja sodaranya AS udah ada di parkiran stasiun, dengan senyum manisnya menyapa..”po hal..lamo nian nyampe nyo??...kami  gak pedulikan pertanyaan doi, langsung masuk mobil dan cabut...minta doi ngebut ke UNSRI...dan didalam Katana yang sesak itu kami ganti baju..persis kayak salah satu episode-nya Mr. Bean..hahahaha..karena gak mandi, semprot parfumlah rada banyakkan..biar harum maksudnya..aku yakin kalo saat itu bau kami gak assik, kayak kambing disemprotin giorgio armani....dan kali aja sodaranya AS waktu itu pengen banget muntah..hahahahaha...
Entah karena pengaruh bau badan dan parfum kami yang menggoda, sodara AS cekatan sekali nyetir, padahal waktu itu kan jam sibuk dan padat. Walhasil jam 8.30 kami sukses nyampe di UNSRI..lokasi  tes....aahhhh akhirnya......Bergegas kami setengah berlari mencari ruangan tes untuk melapor...beberapa petugas jaga menyambut kami dengan pandangan yang gak enak, salah seorang bertanya...”ini peserta yang dari bangko, ya??? Hayo cepetan, yang laen udah pada sewot tuh”” sambil tersenyum tipis....aku gak peduli, langsung masuk ruangan dan mencari tempat duduk sesuai nomor pendaftaran (untung sebelumnya sohibku udah daftarin kami) dan duduk tanpa memperhatikan yang laen...malu aja kalo disewotin..hihihihi..gak berapa lama, petugas dari Pusbindiklatren menyampaikan basa-basi sebentar  (sambil ngasih kredit sedikit buat kami yang telah berjuang mati-matian untuk ikut tes sampe terlambat) dan selanjutnya mempersilahkan semua peserta untuk melaksanakan tes. Terus terang, saat itu aku sangat plong...kosong...dengan kondisi fisik dan mental yang sudah sangat letih, aku gak terlalu berharap bisa lulus ujian TPA ini, jadi aku santai sajalah...flowing like a shit..peribahasa inggrisnya..hehehehe..mungkin karena aku udah nothing to lose, aku gak merasa terbebani dengan soal2 yang cukup banyak dan rumit itu. Yang bisa ...aku isi, yang enggak?...ah tinggalin aja, gitu aja koq repot pikirku....2 jam berlalu dan tes berakhir...alhamdulillah, dengan perjuangan yang cukup berat, aku bisa mengikuti tes TPA itu sampai selesai...pulang ke Bangko, aku gak mikir apa2 lagi tentang tes itu, malahan aku dan AS jadi olok2an rekans yang lain karena keterlambatan kami......dan waktupun berlalu seperti biasa......

Tidak ada komentar: